Kali ini kita akan mengukur tingkat kepuasan pelanggan dari sebuah brand djarum,khusunya djarum black. Parameter yang kami lakukan adalah dissatisfaction,satisfaction,delight. Riset ini saya lakukan di wilayah pendidikan jatinangor dengan responden mahasiswa UNPAD,IPDN,IKOPIN dan penduduk setempat. Ketika kami akan menyusun riset sederhana ini,setidaknya ada 3 poin penting terkait dengan kepuasan pelanggan,pertama Quality , yakni sejauh mana kualitas dari brand yang ditawarkan merepresentasikan keinginan customer .
Kualitas tidak hanya pada produk yakni packaging,content,benefit,tetapi juga kualitas pelayanannya. Kualitas brand berimbas pada high performance & reliability personal seseorang dalam merespon produk tersebut; apakah positif atau malah dissatisfaction. Kedua,Cost,yakni biasanya harga sangat mempengaruhi seseorang apakah memutuskan untuk membeli atau tidak. Dalam ilmu awam,trend banyaknya transaksi berbanding lurus dengan harga. Ketiga,Delivery,maksudnya adalah respon yang cepat dari perusahaan; baik itu pengembangan,volume produksi maupun pelayanannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar